Mengenal Lebih Jauh TFT Monitor

Sumber: www.AnneAhira.com

Perkembangan teknologi senantiasa mewarrnai kehidupan kita. Berbagai inovasi dilakukan untuk menunjang kehidupan dan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Salah satu inovasi yang dilakukan yaitu terhadap barang-barang elektronik, terutama komputer.

Komputer dengan segala perangkat kerasnya terus dikembangkan menjadi sebuah teknologi yang canggih dan mengagumkan. Kecanggihannya terlihat dari kemampuannya mendukung berbagai jenis profesi dan gaya hidup. Keindahannya terlihat dari berbagai jenis monitor dan aksesoris lainnya dengan segala keunggulannya.

Monitor komputer adalah bagian yang penting dari sebuah perangkat komputer. Oleh karena itu, para peneliti komputer terus mengembangkannya agar dihasilkan monitor yang berkapasitas optimal.

Apa Itu TFT Monitor?

Pernahkah Anda mendengar istilah TFT monitor? TFT monitor adalah monitor komputer yang menggunakan teknologi thin-film transistor untuk layar LCD utama. Monitor LCD atau disebut juga panel layar datar menggantikan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT) sebagi pilihan tampilan pada komputer.

Keunggulan TFT Monitor

Saat ini hampir seluruh monitor LCD menggunakan teknologi TFT. Sebelum menggunakan teknologi TFT, monitor LCD pasif matriks tidak bisa menampilkan gambar yang bergerak cepat. Jika mouse di-drag dari titik A ke titik B, mouse akan menghilang di antara kedua titik tersebut.

Dengan menggunakan teknologi TFT, mouse dapat dideteksi. Hal ini memungkinkan monitor untuk menghasilkan tampilan yang dapat digunakan untuk game, video, atau bentuk multimedia lainnya.

Setiap TFT monitor memiliki sebuah transistor yang kecil dan terpisah untuk setiap piksel pada tampilan. Karena transistornya kecil, jumlah energi listrik yang digunakan untuk mengendalikannya pun kecil. Hal ini memungkinkan menggambar ulang tampilan dengan sangat cepat karena gambar kembali di-paint atau di-refresh beberapa kali per detik.

Kelemahan TFT Monitor

TFT monitor yang berukuran 17 inci memiliki sekitar 1,3 juta piksel dan 1,3 juta transistor. Dengan jumlah sebanyak ini, kemungkinan besar terdapat satu atau dua transistor yang tidak berfungsi dalam satu panel.

Sebuah TFT monitor bisa saja memiliki “piksel mati”. Piksel mati adalah sebuah piksel yang transistornya tidak berfungsi sehingga tidak menghasilkan tampilan apa pun. Di latar belakang warna hitam pekat, piksel mati dapat berupa titik-titik kecil berwarna merah, biru, atau putih.

Para produsen TFT monitor kebanyakan tidak akan mengganti monitor yang memiliki kurang dari 11 piksel mati. Para pembeli TFT monitor tentunya sangat berharap tidak ada pikesl mati di TFT monitor yang dibelinya. Piksel mati ini hanya tampak pada posisi kritis di layar.

Jika Anda berniat membeli TFT monitor, bijak kiranya jika Anda mencari info terlebih dahulu tentang produk yang akan Anda beli. Info dapat diperoleh dari situs ritel online populer lengkap dengan ulasan mengenai produk yang bersangkutan.

Terima Kasih Bunda Maria

Terima kasih Bunda Maria ….

Engkau memberikan jalan yang terbaik ini, karena aku yakin bahwa semua akan indah pada waktunya

1 bulan ??

Heii… dah lama ngga’ nyempetin posting. Kira-kira 1 bulan lebih. Di Blogspot ataupun di wordpress. Hmmm…. banyak yang pengen aku tulis di sini.

Beberapa bulan yang lalu, sempet liat Tumblr, yang dulu bulan January dah sempet bikin account, dan cuma ngotak-atik sementara aja. Karena emang masih terfokus ke wordpress ini dan blogspot. Memang sih, katanya tumblr jiplakan nya wordpress, yang katanya lebih aga mudah gampang pemakaiannya. Pasti ada kelebihan dan kekuarangnya.

Mengeluh ???

MENGELUH, 1 kata  sederhana dan jarang kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi seringkali kita praktekkan langsung baik secara sadar maupun tidak sadar. Karena aku sendiri juga mengalaminya . . .

Mengapa kita mengeluh?  Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita. Namun ini adalah kenyata’an yang harus dijalani, terkadang merasa tidak bisa lalu pasrah maka keyakinan akan hilang.

Oleh dari itu kita harus tetap tabah, setidaknya mencoba menjadi lebih baik dalam menjalani hidup ini, tidak pernah resah karena waktu akan menjawabnya.  Semua indah pada waktunya !!!!

Memperdalam Excel

Duh … Walau sudah terbiasa dengan Ms.Excel, rasanya masih pengen memperdalam lagi. Hikss… di Jakarta, ga ada temen yang sama” suka otak atik Excel. Jadi kangen Semarang, ada temen yang bisa saling share Excel, memecahkan kasus kasus dari sederhana sampe yang sulit.

Walau sampai saat ini, rasanya pengen banget cari kursus yang khusus memperdalam Ms.Excel. Belum lagi, penasaran yang menggunakan rumus” macro. Secara, memang diriku sendiri tidak terbiasa dengan bahasa pemograman, seperti Visual Basic teman”nya. Hehehe… karena memang tidak begitu suka pemograman…🙂

Microsoft Office sekarang sudah ada versi 2010. Udah sempet install ‘n coba, tadi tidak lama kemudian, tetep ganti yang versi 2007, hanya sekedar penasaran aja.

Arti Sahabat

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Jalan Bareng

Minggu minggu ini, ada pameran komputer sertentak di berbagai kota besar di Indonesia. Selalu kebiasaanku untuk mengunjungi pameran komputer, hanya untuk jalan dan liat-liat aja serta update keluaran teknologi yang terbaru.
Continue reading